Sabtu, 29 Januari 2011

Mencari Backlink

Bismillahirrahmanirrahim, Itu yang saya sarankan sebelum membaca blog ini. Setelah postingan saya sebelumnya Cek Posisi Blog di Google Sekarang kita lanjutkan dengan mencari backlink. Back link ini sangat penting sekali dalam menentikan posisi blog kita di mesin pencari seperti google. semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita, semakin besar kemungkinan posisi blog kita berada di posisi stategis di mesin pencari sesuai dengan key word kita. Backlink juga bisa mempengaruhi PR blog kita.

Bagi teman-teman yang kemaren-kemaren kecewa karena melihat posisi blog nya di google masih "jauh panggang dari pada api" :) jangan khawatir. Mungkin blog teman masih baru dan belum mempunyai banclink yang banyak.

Saya punya perumpamaan mengenai backlink ini, tentunya saya mohon maaf kalo perumpamaan nya keliru. Menurut saya blog kita itu seperti wajah kita dan backlink itu ibarat cerminnya. Semakin banyak cermin yang mengarah ke kita, semakin banyak pula wajah kita muncul sehingga mudah untuk dikenal orang yang dalam hal ini mesin pencari. Oleh karena itu, saatnya kita mulai berburi backlink.

Back link dengan mudah kita dapat dengan cara membayar. Sudah banyak situs-situs yang menyediakan jasa ini. Tapi buat saya yang kere ini :) rasanya saya belum begitu perlu untuk membayar mengingat kemampuan (tau diri aja hehehe). Apakah ada yang gratisan? Tentu saja, backling dapat diperoleh dengan saling bertukar ling dengan sesama kawa blogger, atau memberikan komentar pada postingan blog yang sudah DoFollow. Blog DoFollow yaitu blog yang memberikan backlink kepada setiap link yang ada di blog tersebut termasuk link pada commen atau komentar. Ada banyak blog yang sudah DoFollow seperti blog saya ini dan  ada beberapa blog teman saya seperti blog http://dhanaarsega.blogspot.com/ dan juga  http://tatan-ba.blogspot.com/ (maaf kepada yang blognya saya sebut sebagai contoh tanpa iji terlebih dahulu). Jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar di blog tersebut ya! :).

Untuk mencari tau sebuah blog sudah DoFollow nanti saja saya samapaikan pada posting berikutnya ya! :). Sebuah pepatah mengatakan kalo mau nerima jangan sungkan untuk memberi (pepatah saya sendiri hehehe). Maksud saya tak ada salahnya kalo kita membuat blog kita juga jadi DoFollow dan memberikan backlink gratis pada teman yang lain. Hal ini juga bisa menarik orang untuk selalu berkunjung dan memberi komentar di pstingan anda kan! Kalo anda berminat membuta blog anda (bagi yang menggunakan blogger) menjadi DoFollo, ini saya kasih caranya:
1.      Masuk ke akun blogger anda.
2.      Pilih tab Rancangan lalu edit html
3.      Klik Kotak di depan Expand Template widget sampai keluar tanda centang
4.      Gunakan ctrl+F maka akan keluar tab pencarian di bawah blog anda
5.      Cari kode  seperti di bawah ini dengan memasukkannya pada kotak pencarian
        <a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’nofollow’>, kalau gak ada coba tuliskan "nofollow" aja
6.      Setelah menemukannya, ganti dengan kode ini
        <a expr:href=’data:comment.authorUrl’> atau hapus kode rel=’nofollow’
  7.  Kemudian klik Simpan

Nah blog anda sekarang sudah DoFollow. Semoga sukses untuk anda 

1 komentar:

  1. Wah, pnjlasanny bagus skali om..
    Wawasanku b'tambah mncari-cari backlick ini, dan t'nyata byk keuntunganny juga y kalo blogny dofollow..

    Greetings from Oilink

    BalasHapus